085867145533 [email protected]

Potensi bisnis bisa datang dari mana saja, bagi pemilik binatu wajib hukumnya melakukan analisa peluang usaha laundry supaya mendapatkan insight di bidang tersebut. Dengan modal terbatas sekalipun, semua dapat dilakukan.

Usaha cuci setrika pakaian kini semakin berkembang terutama di kota besar, karena menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Tugas seorang pengusaha adalah menjadikan peluang tidak mungkin menjadi mungkin, meskipun banyak hambatan.

Tidak semua orang mempunyai waktu untuk mengurus dirinya sendiri, terutama karena mobilitas tinggi serta aktivitas terlalu padat. Meskipun terlihat sederhana, pekerjaan cuci setrika sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Adanya jasa ini memudahkan masyarakat bermobilitas tinggi untuk melakukan aktivitas lain yang lebih produktif menurut mereka. Inilah mengapa usaha binatu sangat ramai dan dibutuhkan keberadaannya.

 

Analisa Peluang Usaha Laundry Kiloan

Supaya mendapatkan pencerahan, terdapat analisa penghitungan atau estimasi modal awal yang dibutuhkan beserta target dan keuntungannya. Penghitungan berikut dilakukan secara kasar sebagai gambaran umum saja.

 

1. Modal Investasi Awal

Mesin cuci 2 unit sekitar 4 juta, mesin pengering 1,5 juta, setrika 5 unit 500 ribu, timbangan digital 250 ribu. Biaya renovasi, kelengkapan kursi, serta promosi, totalnya 8 jutaan rupiah.

2. Biaya Operasional Bulanan

Biaya listrik satu bulan 500 ribu, detergen dan pewangi masing-masing satu kilogram 650 ribu, gaji karyawan 800 ribu. Serta kebutuhan air, transport, dan lain-lain mencapai 2,6 juta rupiah.

Dari penghitungan kasar tersebut, estimasi kebutuhan modal awal yaitu sebesar 10 hingga 11 juta rupiah. Kemudian Kamu bisa menghitung estimasi penghasilan setiap bulannya, untuk memperkirakan tingkat keuntungan.

Misalkan dalam satu bulan mendapatkan order sebanyak 40 kilogram per hari, jika harga per kilogram 5 ribu rupiah, maka pendapatan per bulannya 6 juta. Sedangkan keuntungannya dari pendapatan dikurangi operasional.

Perkiraan keuntungan per bulan sebesar 3,4 juta, modal akan bisa Kamu peroleh kembali dalam kurun waktu 3 bulan. Selanjutnya pemilik usaha diperkirakan akan memperoleh keuntungan di atas 50% setiap bulan.

Supaya usaha berjalan lancar dan konsisten, pastikan untuk mengatur kondisi keuangan dengan tepat. Usahakan jangan pernah mencampurkan uang pribadi dengan uang usaha agar mencegah kegagalan pembukuan.

 

Analisa Peluang Usaha Laundry Besar, Cocok untuk Bisnis Awal

Mengapa harus membuka usaha binatu padahal banyak pilihan bisnis lain? Karena Kamu dapat memulainya dari rumah tanpa harus sewa tempat, mulai secara kecil-kecilan serta sesuaikan dengan kondisi modal.

Jasa binatu sangat dibutuhkan oleh orang lain, hal ini merupakan kondisi umum masyarakat di kota besar saat ini. Meskipun kegiatan mencuci dapat dilakukan semua orang, terkadang tidak ada cukup waktu.

Kegiatan cuci setrika dapat dilakukan sendirian, tanpa bantuan banyak karyawan untuk usaha skala kecil. Ilmu paling penting mungkin mencakup dasar-dasar cara mencuci secara efektif serta efisien.

Pada awalnya, usaha binatu membutuhkan modal kecil, cukup mendanai beberapa peralatan seperti mesin cuci, pengering, setrika, detergen, serta pewangi saja. Biaya operasional juga masih tergolong kecil.

Baca juga : Cara Cepat Menghilangkan Noda Pakaian, Jangan Pusing

Dengan membuka jasa cuci setrika, Kamu dapat menghasilkan keuntungan secara bertahap setiap bulan. Penuhi kebutuhan orang terdekat, ajak mereka agar mau menggunakan jasa Kamu dengan melakukan promosi.

Untuk memenuhi kebutuhan mesin cuci usaha binatu Anda, percayakan pada pihak terpercaya yang sudah berpengalaman menyediakan peralatan khusus. Pastikan pihak supplier mempunyai jejak rekam baik.

CV. Solo Tehnik adalah industri pembuat mesin cuci, menyediakan kebutuhan untuk laundry hotel atau rumah sakit. Konsultasi mengenai analisa peluang usaha laundry paling tepat, hubungi WhatsApp 0858-6714-5533 sekarang.